Wednesday, August 28, 2013

Minggu (21/7/2013) telah dilaksanakan pelatihan batik tulis yang diperuntukkan bagi ibu-ibu PKK dusun Graulan yang bertempat di pelataran rumah Bu Danu selaku ketua PKK dusun Graulan. Kegiatan ini dilakukan sebagai realisasi kerja POSDAYA dusun Graulan di bidang kependidikan, selain itu tujuan dilakukannya kegiatan ini untuk memperkenalkan kepada ibu-ibu bagaimana proses yang dilakukan untuk membuat suatu batik tulis.

Pelatihan ini diikuti oleh ibu-ibu sejumlah 31 orang dari RW 01, 02 dan 03. Dalam kesempatan ini dihadirkan 3 orang perajin batik tulis dari daerah kecamatan Lendah sebagai pengajar. Ada beberapa proses yang ditempuh untuk menghasilkan kain batik  tulis yang berkualitas. Hal pertama yang dilakukan yakni membuat design gambar diatas kain polos, kemudian dilakukan proses membatik dengan menutupi setiap garis dari design yang telah dibuat menggunakan malam dan terakhir yaitu proses pewarnaan.

Peserta yang hadir begitu antusias untuk mengasah kemampuannya dalam membatik. Benar saja setelah penjelasan singkat mengenai teori membatik dari pengajar, ibu-ibu yang hadir segera berebut canting untuk membatik diatas kain yang telah dibagikan sebelumnya.
“wah gak rugi saya datang kesini, jadi bisa tahu proses gimana cara membuat batik’, ujar Bu Isdianti salah satu peserta pelatihan.

Sebagai cinderamata dan untuk menghargai hasil karya yang telah dibuat masing-masing peserta, kain batik yang telah dibuat diperkenankan untuk dibawa pulang oleh masing-masing peserta. Dengan kegiatan ini, diharapkan jiwa untuk melestarikan kekayaan budaya didalam diri ibu-ibu peserta pelatihan akan semakin tinggi. Di sisi lain pelatihan ini juga diharapkan menjadi salah satu peluang kerja bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian keluarga. (AA)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogroll

About