Wednesday, August 28, 2013

Tes Buta Warna

Posted by Unknown On 7:23 AM | No comments
GRAULAN, GIRIPENI, WATES. Selasa (20/8/2013) KKN UNY kelompok 28 mengadakan kegiatan yang mengacu pada kesehatan anak-anak. Tes kesehatan yang dipilih adalah tes buta warna. Sasarannya anak kelas 1-6 SD. Tes ini diikuti oleh sekitar 20 anak. Dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui ketajaman warna pada indra penglihatan.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 15.30. Anak-anak Dusun Graulan berbondong-bondong memadati teras posko KKN kelompok 28, yang sebelumnya diumumkan lewat pengeras suara di masjid dan di gardu dusun. Seperti biasa suara gaduh mengalun dari mulut anak-anak. Mereka terlihat antusias mengikuti tes ini. Banyak diantara mereka yang masih bingung, dan bertanya-tanya, “Mbak, tes buta warna itu ngapain? Aku kan nggak buta”.

Satu persatu anak-anak di tes dengan alat yang disebut Ishihara Colour Plates. Suatu lingkaran yang didalamnya tersusun dari lingkaran-lingkaran kecil bervariasi warnanya dan membentuk sebuah angka maupun garis. Sebelum melakukan tes anak-anak ditanya apakah sudah pernah melakukan tes ini sebelumnya? Ternyata semua anak menjawab “belum”.

Tes ini berlangsung yang sebelumnya dijelaskan dahulu prosedurnya oleh Yuyun dan Ika yang bertugas menguji anak-anak. Hampir semua anak mengerjakan secara cepat setelah melihat soal yang ada di hadapannya, terlihat dari cara menjawab anak-anak yang tidak terlalu lama berpikir.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogroll

About